menu 2

Tuesday 5 January 2016

Belajar HTML Dasar     

Sebelum kita memulai membahas tentang HTML, kita harus tau dan mengenal HTML. Apa itu HTML?? HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language, yaitu bahasa (aturan) standar yang digunakan untuk menampilkan teks, gambar, video dan audio ke dalam halaman web. HTML merupakan file teks yang tersusun atas elemen-elemen yang disebut dengan tag. Tag HTML di apit dengan tanda lebih kecil ( < ) dan tanda lebih besar ( > ), misalnya  <html>, <head>, <body>, <p>, dan lain-lain. Tag HTML ada yang memiliki pasangan dan ada juga yang tidak memiliki pasangan, maka tag penutup akan di sertai dengan tanda ( / ), misalnya </html>, </head>, < /body>, </p>, dan lain-lain.
Dokumen atau file HTML dapat di buat menggunakan aplikasi teks editor apa saja dan di simpan dengan ekstensi .html atau .htm pada akhiran kata. Untuk mempermudah proses belajar Anda, Saya merekomendasikan agar Anda menggunakan Teks Editor yang secara khusus  di rancang untuk menulis kode-kode HTML. saat ini sudah banyak software Teks Editor untuk HTML yang di tawarkan secara Free alias Gratis di internet.
Apa itu XHTML? XHTML adalah singkatan dari eXtensible Hypertext Markup Language, yaitu versi HTML yang Memiliki dukungan terhadap eXtensible Markup Language ( XML ). XHTML hampir mirip dengan HTML versi 4.01. XHTML di rancang unuk menciptakan kode HTML yang lebih bersih ( lebih teratur ) di bandingkan dengan HTML versi lama sehingga kode akan mudah di baca dan di pelihara di kemudian hari. sebagai contoh sederhana, perhatikan contoh berikut ini.
<b><i>ini adalah contoh teks tebal dan miring</b></i>
Dalam HTML, Anda bisa saja melakukan kesalahan penulisan seperti kode di atas, dimana tag </i> ditempatkan setelah tag </b>.  Dalam XHTML kode tersebut akan dianggap suatu kesalahan. Dalam XHTML kode di atas harus di tulis seperti berikut :
<b><i>ini adalah contoh teks tebal dan miring</i></b>
Pada kode di atas, tag harus di tulis berpasangan sesuai dengan urutannya masing-masing. Elemen dalam XHTML harus ditutup dengan tag pasangan, jika tag tersebut tidak memiliki pasangan, maka kita tetap harus menutupnya dengan menggunakan tanda slash ( / ).
Contoh salah :
<p>ini adalah contoh paragraf.
<p>ini adalah contoh paragraf lain.
<br>
Contoh benar :
<p>ini adalah contoh paragraf.</p>
 <p>ini adalah contoh paragraf lain.</p>
<br />
Contoh lainya yang salah :
 <BODY>
<p>ini adalah contoh paragraf</p>
</BODY>
Contoh yang benar :
 <body>
<p>ini adalah contoh paragraf</p>
</body>


Mengenal HTML5                                                               ======================================================
HTML5 merupakan generasi baru dari HTML, yang dirancang untuk memperbaiki teknologi HTML versi sebelumnya agar dapat mendukung teknologi multimedia terbaru dan tipe halaman web lainnya / ( content ) lainnya. HTML5 menyediakan elemen-elemen atau tag baru yang sebelumnya tidak tersedia dalam HTML versi sebelumnya.

Untuk menyatakan  ( memberitahukan  kepada web browser ) bahwa dokumen HTML yang kita buat adalah dokumen HTML5, kita perlu menuliskan baris kode berikut di bagian paling atas dokumen.
<!DOCTYPE HTML>
Contoh :
<!DOCTYPE HTML>
<html>
<head>
<title>.....</title>
</head>
<body>
.....
.....
</body>
</html>

Nah gimana Kawan-kawan, Cukup mudah kan untuk mempelajari HTML ini..yang ingin jadi programmer haruslah mengenal dasar-dasar dari HTML ini. Agar mudah dalam mengimplementasikan kedalam praktek sebenarnya dalam membuat web maupun aplikasi lainnya.
Semoga pembahasan dalam Artikel ini bermanfaat buat kita semua, dan jangan lupa untuk terus memperdalam pengetahuan sobat semua agar makin luas dan berkembang.

Salam WB 














No comments: